Pesantren Terbaik dengan Biaya Murah

Pesantren terbaik dengan biaya murah

Pesantren Terbaik dengan Biaya Murah

Mayoritas umat Islam di Indonesia adalah miskin, secara ekonomi berada pada level menengah ke bawah. Dan yang mayoritas ini kebanyakan berafiliasi pada ormas Nahdlatul Ulama (NU) baik secara kultural atau struktural. Sebagian dari mereka ingin memondokkan putra putrinya, namun terkendala oleh biaya. Karena, dengan memondokkan anak itu berarti ada biaya tambahan dari kebutuhan pokok sehari-hari. Dan terkadang itu tidak sedikit.

Untungnya, pesantren di Indonesia yang berfaham Aswaja (NU) umumnya berbiaya murah. Terutama pesantren salaf. Baik salaf murni atau kombinasi dengan sistem modern. Umumnya, pondok salaf murni lebih murah dibandng kombinasi salaf-modern. Karena ada faktor perbedaan dalam segi biaya operasional.

Salah satu dari ponpes yang bersistem kombinasi dengan biaya murah adalah Ponpes Al-Khoirot Malang.

Pesantren yang mahal itu umumnya pondok modern yang biasanya dikelola oleh kalangan Wahabi Salafi. Namun, tentu ada juga pondok modern yang dikelola oleh kalangan Aswaja NU.  Baca: Beda pondok modern dan ponpes Salaf

Berikut biaya masuk tahun akademi 2022/2023 di Al-Khoirot:

Penerimaan santri baru tahun ajaran 2024/2025
Penerimaan santri baru tahun ajaran 2024/2025

Pada brosur di atas, mudah diketahui bahwa mondok itu tidak mahal. Hanya dengan biaya mulai dari 160.000 (seratus enam puluh ribu), untuk santri kilat; dan 2 juta-an, untuk santri reguler, sudah bisa belajar agama di pesantren. Sedangkan untuk biaya perbulan adalah 150ribu untuk MTS (siswa formal SLTP) dan 155ribu untuk MA (siswa formal SLTA). Ini di luar makan dan laundry.

Memilih pesantren terbaik dan murah

Berikut tips cara memilih pesantren yang baik dan murah:

  1. Pastikan, bahwa pesantren tersebut berafiliasi dengan ormas Aswaja wasatiyah (tidak ekstrim) seperti NU, Al-Washliyah, Nahdhatul Watan, dan semacamnya. Bukan ponpes yang berafiliasi Wahabi Salafi, HTI atau aliran sejenisnya. Baca: HTI, Wahabi dan Syiah
  2. Tentukan pesantren seperti apa yang diinginkan, murni salaf atau kombinasi salaf modern? Untuk daftar pesantren salaf dan kombinasi lihat di sini!
  3. Setelah menentukan jenis ponpes yang dipilih untuk anaknya, maka langkah berikutnya adalah (a) melihat jumlah biaya yang dibebankan untuk pendaftaran dan bulanan. Pilih yang sesuai dengan kemampuan keluarga; (b) melihat pesantren yang sesuai dengan yang diinginkan; (c) melihat fasilitas dasar pesantren seperti MCK, laundry, kamar, dan lain-lain yang paling sesuai dengan kebutuhan dasar. Ketiga poin itu dapat diketahui dengan mengunjungi website resmi masing-masing pesantren.
  4. Setelah mantap dengan pesantren yang dipilih, maka  berkunjung langsung ke pesantren tersebut adalah langkah berikutnya untuk memastikan bahwa apa yang tertulis dan diberitakan sesuai dengan kenyataan. Dan juga untuk memastikan bahwa putra/putri anda yang akan mondok merasa cocok atau tidak dengan pesantren tujuan.

Daftar Pondok Kombinasi Salaf-Modern

Bagi yang ingin anaknya menguasai ilmu agama (baca kitab kuning, dll) dan ilmu umum sekaligus serta memiliki pendidikan formal (ijazahnya diakui), maka memilih ponpes tipe ini adalah langkah yang tepat. Berikut daftarnya:

  1. PP Al-Khoirot Malang (situs resmi; alkhoirot.com).
  2. PP Salafiyah Situbondo (situs: sukorejo.com)
  3. PP. Tebuireng Jombang (tebuireng.online)
  4. PP Bata-bata Pamekasan Madura (bata-bata.net)
  5. PP Banyuanyar Pamekasan Madura (banyuanyar.net)
  6. PP Nurul Jadid Probolinggo, Jatim (nuruljadid.net)

Daftar Pesantren Salaf Murni

Bagi yang ingin anaknya menguasai ilmu agama dan fokus di agama saja sedangkan soal ijazah bisa ikut program paket (A, B, C), maka dapat memilih pondok salaf murni. Yang terkenal antara lain (biaya daftar dan bulanan lihat di situs masing-masing):

  1. PP Sidogiri Pasuruan (sidogiri.net)
  2. PP Langitan Tuban (langitan.net)
  3. PP Lirboyo Kediri (lirboyo.net)
  4. dan lain-lain.
Pesantren Terbaik dengan Biaya Murah
Kembali ke Atas